Minggu, 12 Februari 2017

WHAT IS SOFTWARE ARCHITECTURE: SEBUAH RINGKASAN



1.1 What Software Architecture Is and What It Isn’t

Arsitektur Perangkat Lunak dari sebuah program atau sistem komputasi adalah struktur atau struktur dari sebuah sistem, yang terkait dengan elemen-elemen perangkat lunak, properti yang tampak dari elemen tersebut serta hubungannya satu sama lain. Salah satu contoh dari elemen adalah objek.
Pengertian lainnya adalah arsitektur merupakan struktur komponen sebuah program atau sistem, hubungan timbal balik antar komponen tersebut, dan merupakan prinsip serta pedoman dalam membuat desain dan evolusinya dari waktu ke waktu.
Arsitektur juga merupakan komponen dan penghubung, yang memiliki arti sebagai sebuah mekanisme untuk mengirimkan kontrol dan data dalam sebuah sistem.
Aritektur tidak hanya tentang peralatan fungsionalitas tetapi juga tentang  lingkungan arsitekturnya.

1.2 Architectural Structures and Views

Struktur arsitektural dapat dibagi menjadi 3 grup.Tergantung pada unsur-unsur alaminya.
a. Module struktur, yang merupakan gabungan atau kumpulan modul-modul yang saling berinteraksi. Modul merupakan cara basis kode yang mempertimbangkan sistem. Modul ditugaskan bertanggung jawab pada bidang fungsional.
b. Komponen dan penghubung struktur, elemen komponen runtime yang merupakan unit utama dari komputasi/perhitungan dan penghubung merupakan sarana komunikasi antar komponen.
c. Struktur alokasi, menunjukan hubungan antara elemen software dan elemen-elemen dalam satu atau lebih lingkungan eksternal di mana software dibuat dan dijalankan.
Software struktur:
a. Modul
1. Dekomposisi, modul pada struktur ini menggambarkan titik awal suatu design, sebagai arsitek memberikan setiap item ke modul untuk desain berikutnya dan pelaksanaan akhirnya.
2. Kelas atau generalisasi modul, pada struktur ini dibagi menjadi tiga antara lain mengerti masalahnya, lalu pecahkan masalahnya dan evaluasi solusinya.
b. Komponen dan penghubung
1. Proses, unit adalah proses,terhubung dari komunikasi atau singkronisasi.
2. Konkurensi, untuk menentukan peluang paralelisme.
3. Shared data
4. Client server
c. Alokasi
1. Work Assigment
2. Deployment
3. Implementation

 


Gambar 1. 3 Unsur Struktur Arsitekturial

1.3 Architectural Patterns

Sebuah pola arsitektur adalah deskripsi dari tipe elemen dan relasi bersama dengan sekumpulan batasan tentang bagaimana cara penggunanannya.
Pola tersebut dalam dianggap sebagai kumpulan aturan dalam arsitektur tentang tipe-tipe elemen dan interaksi antar elemen tersebut, dan aturan-aturan ini mendefinisikan sekumpulan arsitektur yang memenuhinya.
Salah satu contoh pola arsitektur yang umum adalah client-server yang merupakan dua tipe elemen dan koordinasinya dideskripsikan dalam protocol terms dimana server digunakan untuk berkomunikasi dengan setiap client yang ada.

1.4 What Makes A Good Architecture

Jika benar bahwa dua arsitek diberikan perlengkapan yang sama akan menghasilkan arsitektur yang berbeda, maka dibutuhkan kriteria untuk menentukan arsitektur mana yang lebih baik. Berikut adalah definisi tentang apa yang membuat arsitektur menjadi arsitektur yang baik:
· Dibuat oleh seorang arsitek atau beberapa arsitek dengan pemimpin yang telah ditentukan
· Arsitek yang bertanggungjawab memiliki kebutuhan fungsional untuk sistem dan bisa memprioritaskan kualitas atribut sesuai keinginan
· Arsitektur harus memiliki modul yang didefinisikan dengan baik dan setiap modul harus memiliki interface yang didefinisikan dengan baik juga
· Arsitektur tidak boleh bergantung pada alat atau produk tertentu
· Proses pelaksanaannya didokumentasikan setidaknya dengan sebuah static view dan sebuah dinamic view
· Selalu melakukan evaluasi sebelum terlambat untuk melakukan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume: Military Technology and Conflict: Geoffrey Kemp PART VI (PROLIFERASI DAN ASIMETRI PEPERANGAN)

Mata kuliah Resolusi Konflik SEMESTER VI Military Technology and Conflict by Geoffrey Kemp Proliferasi dan Asimetri...