Rabu, 25 Maret 2015

Sifat Globalisasi

GLOBALISASI?
sebutkan beberapa kata untuk menggambarkan Globalisasi.
Ini adalah beberapa kata yang erat sekali kaitannya dengan ciri Globalisasi:


  1. Trans-border
  2. Supra - Territorial
  3. Spatial Space
  4. Global Consciousness (Roland Robertson) - Globalisasi tidak akan terjadi jika tidak ada Global Consciousness yang melahirkan Share Concern
  5. Distanciation (Antonio Giddens) - Consequences of Modernities - Yaitu ketika anda misalnya berada di Indonesia namun anda tetap menerima implikasi dari negara lain tanpa anda inginkan, misalnya - harga laptop di seluruh dunia termasuk di Indonesia naik hanya karena terjadi sesuatu di negara lain, misalnya krisis, atau saham naik, dan sebagainya. Sehingga anda sebagai individu terpaksa membeli laptop dengan harga lebih mahal.
  6. The Annihilation of Space through Time (menghancurkan ruang oleh waktu) misalnya anda dapat menonton sepak bola di belahan dunia pada waktu yang sama. Dalam dimensi spatsial orang sosial berbeda dengan orang matematika, orang matematika menyatakan bahwa jarak tempuh tidak akan berubah meski dilewati dengan alat transportasi yang berbeda, misal dari jalan kaki, naik sepeda, naik kuda, naik mobil, naik kereta, dan naik pesawat, yang berubah adalah kecepatan sampainya. Orang sosial menyatakan bahwa jarak itu berubah dalam dimensi spatsial.
  7. Information and Science (M. Castells) dalam bukunya the age of information continue. Bahwa saat ini seluruh hal yang ada didunia merupakan data yang berjalan. Informasi dan data yang membentuk kita (manusia), penampilan, identitas, merupakan data, citra. Menarik kita bisa melihatnya dalam film Eagles Eye, atau Transcendence.
  8. "All that is solid melts in to the air" (Marx) dan ini menjadi salah satu quotes favorit dosen saya. Bahwa segala hal yang essensial di era globalisasi ini akan meleleh karena profit (seems like very capitalism).
  9. Sign and Form (Baudrillad) bahwa dunia yang semula berupa object dan substance berubah menjadi sign dan form. Yaitu dimana dunia tidak lagi ada yang peduli kepada fungsi namun lebih peduli kepada sign and form. Dapat dilihat dalam contoh dunia periklanan. Apa yang membedakan iklan zaman dulu dengan iklan zaman sekarang?. Metode pengiklanannya: zaman dulu jika mengiklankan mesin cuci, maka akan ditampilkan mesin cuci, cara menggunakannya, dan fungsinya. Saat ini, di era globalisasi, iklan mesin cuci bahkan digambarkan melalui seducing (bentuk rayuan) dengan bintang iklan yang cantik, sexy, kemudian barulah mesin cuci dengan berbagai bentuk dan warna yang elegan. Iklan rokok bahkan tidak berkaitan dengan rokok, tetapi justru menggambarkan bintang iklan gagah, berkuda, menaiki pegunungan, sehingga rokok tidak lagi disebutkan cara atau fungsinya, namun justru seducing seolah mengatakan bahwa "merokoklah untuk tampak lebih maskulin". Iklah sudah berhenti menjual objek, tetapi menjual "tanda". Mengapa demikian? Hal inilah yang digambarkan oleh Post - Fordism, karena dengan begitu penjualan menjadi lebih flexibel. Ya kan? jelas jika anda hanya tertarik kepada FUNGSI benda yang anda beli, misalkan handphone, jika anda hanya tertarik untuk membelinya terkait fungsi, maka tidak akan ada orang yang secara konsumtif bergonta ganti handphone. Ini adalah zaman ketika seseorang memiliki handphone yang jadul menjadi malu untuk mengeluarkan handphone nya.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume: Military Technology and Conflict: Geoffrey Kemp PART VI (PROLIFERASI DAN ASIMETRI PEPERANGAN)

Mata kuliah Resolusi Konflik SEMESTER VI Military Technology and Conflict by Geoffrey Kemp Proliferasi dan Asimetri...